Interaksi Manusia Komputer (IMK)

Interaksi manusia dan komputer atau biasa disebut HCI ( Human Computer Intercation ) suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer, seperti perancangan , evaluasi, dan implementasi antarmuka user agar dapat memudahkan manusia dalam menggunakan komputer tersebut.

Simpelnya, komputer dirancang agar dapat berinteraksi untuk dapat memudahkan manusia dalam mengoperasikan nya. Contoh sederhana adalah mouse, mouse didesain / dirancang agar sesuai kenyamanan fisik tangan pengguna.
Tujuan dari Interaksi Manusia Komputer :

1.      User friendly (ramah dengan pengguna) : kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula.
2.      WYSIWYG (what you see is what you get).
3.      Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna.
4.      Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja

Kriteria dari User Friendly yaitu : Memiliki tampilan yang bagus, mudah dioperasikan, mudah dipelajari, pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software/komputer tersebut.

Contoh Aplikasi IMK :

1.      Perkantoran
2.      Kendali Proses
3.      Penerbangan
4.      Komunikasi
5.      Desain Pekerjaan
6.      Industri
7.      Dll


Prinsip prinsip terkait yang harus tercapai dalam ilmu Interaksi Manusia Komputer.  





 Bidang bidang Ilmu yang terkait dengan IMK :




Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain :

1)            Teknik Elektronika dan Ilmu Komputer

Teknik Elektronika menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Ilmu ini merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.

Ilmu komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan menstransformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisis, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.  Bidang ini berperan memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem human-computer interaction (HCI).

2)      Psikologi Kognitif

Psikologi Kognitif adalah salah satu cabang dari psikologi yang dikonsentrasikanuntuk memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi, keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses kognitif yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna (manusia). Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.

3)      Perancangan Grafis, Desain dan Tipografi

Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia & komputer.

4)      Ergonomi

Ergonomi merupakan ilmu yang menitikberatkan pada pembahasan mengenai manusia sebagai elemen utama dalam suatu sistem kerja yang berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja.

5)      Linguistik (Ilmu Bahasa)

Linguistik merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah, dan lain sebagainya.

6)      Matematika

Hubungan  matematika dengan interaksi manusia dan komputer  adalah suatu contoh pembuatan software haruslah efisien dalam perhitungan matematika. Jika suatu software bisa dijalankan oleh semua orang yang baru belajar maupun pakar,  unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika akan membuat software tersebut disukai oleh banyak orang. Jika software menggunakan aspek matematika secara efisien maka softwaretersebut dapat digunakan secara maksimal dengan pengguna dan menghasilkan hasil yang optimal.

7)      Antropologi

Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada, antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.

8)      Artificial Intelligence (Intelijen Buatan)

Intelijen Buatan merupakan kecerdasan atau kemampuan dari manusia yang diterapkan pada sebuah entitas buatan. Biasanya sistem seperti ini dikenal sebagai komputer. Komputer pada awalnya digunakan hanya untuk melakukan operasi hitung. Namun dengan berkembangnya pikiran manusia serta kecerdasan manusia, komputer dapat melakukan kegiatan kegiatan yang bisa dilakukan oleh manusia.

9)      Philosophy (Filsafat)

Philosophy adalah studi tentang masalah umum dan mendasar, seperti yang berhubungan dengan eksistensi ,pengetahuan ,nilai ,akal,pikiran ,dan bahasa sehingga dapat berperan untuk memberikan landasan filosofik dalam memahami berbagi konsep bagi penerapan interaksi manusia dan komputer.

10)  Engineering (Teknik)


Teknik yaitu disiplin, seni, keterampilan, profesi dan teknologi memperoleh dan menerapkan ilmu pengetahuan, matematika, ekonomi pengetahuan, sosial, dan praktis, untuk merancang dan membangun struktur, mesin, perangkat, sistem, bahan dan proses, dengan menguasai teknik-teknik yang dapat digunakan dalam perancangan user interface agar lebih efektif.  Suatu produk / program yang dibuat membutuhkan petunjuk manual agar orang yang belum biasa menggunakan produk tersebut bisa mempelajari lebih dahulu sehingga dapat terjadi interaksi yang baik antara orang itu dengan komputer.

Sumber :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Test masuk Bootcamp Xsis Academy

Perbedaan BJT dan UJT

Membuat tabel dan memasukan gambar pada LaTex