Interaksi Manusia Komputer (IMK)
Interaksi
manusia dan komputer atau biasa disebut HCI ( Human Computer Intercation )
suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer, seperti
perancangan , evaluasi, dan implementasi antarmuka user agar dapat memudahkan
manusia dalam menggunakan komputer tersebut.
Simpelnya,
komputer dirancang agar dapat berinteraksi untuk dapat memudahkan manusia dalam
mengoperasikan nya. Contoh sederhana adalah mouse, mouse didesain / dirancang agar
sesuai kenyamanan fisik tangan pengguna.
Tujuan dari Interaksi Manusia Komputer :
1. User friendly
(ramah dengan pengguna) : kemampuan yang dimiliki oleh software atau program
aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain
sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan
bagi seorang pengguna pemula.
2. WYSIWYG (what you
see is what you get).
3. Mengurangi
frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna.
4. Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan
menurunkan tingkat absensi pekerja
Kriteria dari User
Friendly yaitu : Memiliki tampilan yang bagus, mudah dioperasikan, mudah
dipelajari, pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software/komputer tersebut.
Contoh Aplikasi IMK :
1. Perkantoran
2. Kendali Proses
3. Penerbangan
4. Komunikasi
5. Desain Pekerjaan
6. Industri
7. Dll
Prinsip prinsip terkait yang harus tercapai dalam ilmu Interaksi Manusia
Komputer.
Bidang bidang Ilmu yang terkait dengan IMK :
Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang
ilmu, antara lain :
1)
Teknik Elektronika dan Ilmu Komputer
Teknik Elektronika menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem
manusia komputer. Ilmu ini merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan
suatu sistem interaksi mausia-komputer.
Ilmu komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang
menjelaskan dan menstransformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan
teori-teori, analisis, desain, efisiensi, implementasi, ataupun
aplikasi-aplikasi yang ada padanya. Bidang ini berperan memberikan
kerangka kerja untuk dapat merancang sistem human-computer interaction
(HCI).
2) Psikologi Kognitif
Psikologi Kognitif adalah salah satu cabang dari psikologi yang
dikonsentrasikanuntuk
memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia
menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang
suatu informasi, keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model
proses kognitif yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam
metode pencocokan mesin terhadap pengguna (manusia). Pengalaman psikologi
menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini
subjektif dari sistem manusia-komputer.
3) Perancangan Grafis, Desain dan
Tipografi
Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang
penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka
menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat
digunakan sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia &
komputer.
4) Ergonomi
Ergonomi merupakan ilmu yang menitikberatkan pada pembahasan mengenai
manusia sebagai elemen utama dalam suatu sistem kerja yang berhubungan
dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal :
bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk,
pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja.
5) Linguistik (Ilmu Bahasa)
Linguistik merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk
melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa
khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah, dan
lain sebagainya.
6) Matematika
Hubungan matematika
dengan interaksi manusia dan komputer adalah suatu contoh pembuatan software haruslah
efisien dalam perhitungan matematika. Jika suatu software bisa dijalankan oleh
semua orang yang baru belajar maupun pakar, unsur kemudahan dalam segi
hitungan matematika akan membuat software tersebut disukai
oleh banyak orang. Jika software menggunakan aspek matematika
secara efisien maka softwaretersebut dapat digunakan secara
maksimal dengan pengguna dan menghasilkan hasil yang optimal.
7) Antropologi
Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang
budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi (Ilmu Manusia)
dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana
interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada, antropologi dapat
menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim
dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan
lain-lain.
8) Artificial Intelligence (Intelijen
Buatan)
Intelijen Buatan merupakan kecerdasan atau kemampuan dari manusia yang
diterapkan pada sebuah entitas buatan. Biasanya sistem seperti ini dikenal
sebagai komputer. Komputer pada awalnya digunakan hanya untuk melakukan operasi
hitung. Namun dengan berkembangnya pikiran manusia serta kecerdasan manusia,
komputer dapat melakukan kegiatan kegiatan yang bisa dilakukan oleh manusia.
9) Philosophy (Filsafat)
Philosophy adalah studi tentang masalah umum dan mendasar, seperti yang
berhubungan dengan eksistensi ,pengetahuan ,nilai ,akal,pikiran ,dan bahasa
sehingga dapat berperan untuk memberikan landasan filosofik dalam memahami
berbagi konsep bagi penerapan interaksi manusia dan komputer.
10) Engineering (Teknik)
Teknik yaitu
disiplin, seni, keterampilan, profesi dan teknologi memperoleh dan menerapkan
ilmu pengetahuan, matematika, ekonomi pengetahuan, sosial, dan praktis, untuk
merancang dan membangun struktur, mesin, perangkat, sistem, bahan dan proses,
dengan menguasai teknik-teknik yang dapat digunakan dalam perancangan user
interface agar lebih efektif. Suatu produk / program yang dibuat
membutuhkan petunjuk manual agar orang yang belum biasa menggunakan produk
tersebut bisa mempelajari lebih dahulu sehingga dapat terjadi interaksi yang
baik antara orang itu dengan komputer.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar