Menggunakan message box pada JAVA
A. Program
sederhana dialog
Disini
saya akan membuat program sederhana yang berbasis GUI atau bisa dilihat atau
digunakan langsung oleh user karena memiliki jendela. Berbeda dengan yang
dijalankan melalui CMD. GUI disini kita akan menggunakan layaknya seperti
message box.
Ketik
kodingan berikut pada notepad++.
Kita memberikan nama class nya switchcase. Pada dasar nya ini
tidak jauh beda dengan kodingan untuk membuat menu pada C++. Kita memberikan
variabel n yang bertipe String. Di dalam variabel n yaitu kodingan untuk
menggunakan messagebox nya yaitu showInput artinya nanti messagebox keluar
bersamaan dengan box inputan yg akan dimasukan oleh user nya.
Pilihan yang dimasukan oleh user adalah String, kita harus
membuat variabel integer untuk menampung pilihan nya. int nilai =
Integer.ParseInt(n) sama halnya kita mengubah tipe data n yang string menjadi
integer.
Setelah
itu switch(nilai) , artinya pindah ke pilihan nilai nya. Kita membuat pilihan
dengan case 1…. Sampe pilihan yang kita mau. Disini ada 2 pilihan/case. Pada
case 1 kita membuat user memasukan nama dan disimpan pada variabel p yang
bertipe data String. Setelah user memasukan nama. Akan muncul messagebox biasa
(tanpa input) yang berisi “nama ku adalah “ + mengambil variabel p yang berisi
nama yang dimasukan user. Case
terakhir berisi tentang messagebox yang berisi tulisan “Terima kasih”
B.
Membuat program
sederhana menggunakan kondisi
Disini kita akan membuat program sederhana kondisi pada java.
Kita menggunakan messagebox untuk memasukan nilai yang di input user nantinya.
Masukan kodingan seperti dibawah ini :
Disini saya menamakan total sebagai nama class nya. Setelah itu kita membuat user untuk memasukan nama, npm, serta kelas nya. Yaitu dengan membuat 3 variabel yang bertipe data String. Memanggil showInputDialog untuk memasukan nilai inputan user dan nanti nya akan disimpan pada variabel yang kita buat.
Disini saya menamakan total sebagai nama class nya. Setelah itu kita membuat user untuk memasukan nama, npm, serta kelas nya. Yaitu dengan membuat 3 variabel yang bertipe data String. Memanggil showInputDialog untuk memasukan nilai inputan user dan nanti nya akan disimpan pada variabel yang kita buat.
Setelah itu kita membuat variabel yang bertipe integer untuk memasukan nilai uts dan total dari user. Karena user memasukan inputan yang bertipe string, kita harus mengubah menjadi integer dengan Integer.ParseInt.
Setelah itu kita akan menghitung nilai totalnya. Kita buat variabel yang bertipe double karena dapat berisi nilai yang koma. Aritmatik pada dalam kurung akan di jalankan terlebih dahulu setelah itu baru ditambahkan. Hasil nya akan disimpan pada variabel total.
Setelah udah mendapatkan hasil total kita akan membuat kondisi nya, apabila nilai total lebih besar atau sama dengan 85 maka akan keluar messagebox dengan tulisan grade serta total nilai nya. Begitu selanjutnya sampai nilai menjadi C. Alangkah lebih baik kita menggunakan range antara 80 – 100 menggunakan logika “AND”. Setelah di jalankan seperti ini :
Komentar
Posting Komentar